2.02.2009

SMA Mewah yang Mepet Sawah

SMA N 1 Sokaraja punya banyak julukan; SMANSA, SMA Paket, dan SMA Mewah. Disebut SMANSA, pasti lah ya, setiap SMA 1 juga pasti disebut begitu. Disebut SMA Paket, aku sendiri yang setiap hari belajar di situ enggak tahu persis apa alasannya. Sempat pula kutanyakan ke kakak kelas dan alumni, tapi jawaban mereka juga tidak meyakinkan. Hm, kalau sebutan yang terakhir, SMA Mewah, bukan karena bangunannya super mewah lho, tapi karena sekolah sederhana ini dibangun di kawasan persawahan. Mewah, kependekan dari Mepet Sawah..

Meski dikelilingi sawah, tidak berarti akses ke sekolah ini susah. Coz SMA ini berdiri di sisi jalan penghubung Purwokerto-Purbalingga. Dan, karena terletak di pinggiran sawah, kebayang kan, sejuk dan semilirnya angin dari areal persawahan yang berhembus tak henti-hentinya. Juga pemandangan padi yang menghijau saat masa tanam tiba, dan hamparan padi yang menguning keemasan tertimpa sinar matahari saat menjelang panen. Belum lagi kicauan burung pipit yang acap menyerbu bulir-bulir padi yang mulai berisi...

Beruntung sekolah ini dibangun di areal persawahan, bukan di pemukiman, sehingga lahan yang tersedia untuk sekolah ini cukup luas. Ada lapangan sepakbola, lapangan basket yang sekaligus jadi lapangan tenis.

Tapi, karena dikelilingi sawah, siswa yang mau cabut sebelum waktunya alias bolos, musti ekstra hati-hati. Enggak mungkn kan, bolos lewat pintu gerbang depan? Cara-satu-satunya ya harus melewati pagar samping atau belakang sekolah yang langsung berbatasan dengan sawah. Agar ‘misi’ lancar, kita harus pandai dan lincah berlari di pematang sawah yang lebarnya cuma dua jengkal itu. Bagi yang enggak terbiasa, susah lho…

Ohya, ekskulnya juga macem-macem: taekwondo, pramuka, PMR, KIR, PA, Silat, dan masih banyak lagi (hehe, aku enggak apal). Di sekolah ini ada juga peraturan sistem poin yang kalo sampai poin 100 murid bisa dikeluarkan. Merokok dapat poin 10. Berkelahi di lingkungan sekolah, wah, bisa langsung dikeluarkan.


posting.remaja.suara merdeka

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP